Jumat, 04 Januari 2019 10:00:29 WIB

Kebutuhan Sistem informasi akademik perguruan tinggi

04 Januari 2019 Administrator Umum 827 Kali

SIAKAD (Sistem Informasi Akademik) adalah Suatu sistem Informasi Akademik yang dibangun untuk memberikan kemudahan kepada pengguna dalam kegiatan administrasi akademik kampus secara online, seperti proses Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB), pembuatan kurrikulum, pembuatan jadwal kuliah, pengisian Kartu Rencana Studi (KRS), pengisian nilai, pengelolaan data dosen & mahasiswa. Sistem ini juga dapat berfungsi sebagai pendukung untuk analisis data dalam menentukan keputusan Kampus.

Seperti yang kita ketahui, berdasarkan data dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemerristekdikti) bahwa Mutu perguruan tinggi dan program studi di Indonesia saat ini belum pada kondisi yang ideal.

Disparitas mutu pendidikan tinggi bisa dilihat dari hasil akreditasi perguruan tinggi dan program studinya, dari 4.472 perguruan tinggi di Indonesia saat ini baru 50 perguruan tinggi yang memiliki akreditasi A dan program studi terakreditasi A sebanyak 2.512 (12% dari 20.254 prodi terakreditasi).

Data dari kementrian ini menunjukkan bahwa ada korelasi erat antara akreditasi PT dan Prodi dengan kompetensi lulusan perguruan tinggi. Berdasarkan peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 49 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi bahwa Standar Nasional Pendidikan Tinggi Terdiri dari:

  •     standar kompetensi lulusan
  •     standar isi pembelajaran
  •     standar proses pembelajaran
  •     standar penilaian pembelajaran
  •     standar dosen dan tenaga kependidikan
  •     standar sarana dan prasarana pembelajaran
  •     standar pengelolaan pembelajaran
  •     standar pembiayaan pembelajaran


Untuk memenuhi standar nasional pendidikan tinggi penggunaan sistem akdemik berbasis elektronik sangatlah diperlukan. Karena dengan adanya sistem akademik elektronik akan mempermudah dan mempercepat proses administrasi, pembayaran, pendaftaran, penggajian dosen dan karyawan, pelaporan, akreditasi dan proses lainnya.
Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

Sistem Informasi Akademik secara khusus dirancang untuk memenuhi kebutuhan Perguruan Tinggi yang menginginkan layanan pendidikan yang terkomputerisasi untuk meningkatkan kinerja, kualitas layanan, daya saing serta kualitas SDM yang dihasilkannya. Pengembangan Sistem Informasi Akademik dilakukan secara kontinu dan intensif, mengikuti perkembangan teknologi dan kebutuhan mendasar perguruan tinggi, sehingga kemampuan Sistem Informasi Akademik akan terus meningkat.


Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) dapat membantu Anda dalam pengelolaan data nilai mahasiswa, mata kuliah, data staf pengajar (dosen) serta administrasi fakultas/jurusan yang sifatnya masih manual untuk dikerjakan dengan bantuan Software agar mampu mengefektifkan waktu dan menekan biaya operasional. Sistem Informasi Akademik juga telah disesuaikan dengan kebutuhan pembuatan laporan Perguruan Tinggi, diantaranya sudah sinkron dengan format terbaru Feeder DIKTI.
Kelebihan Sistem Informasi Akademik Teritegrasi dan Sesuai dengan Regulasi Dikti

    User Friendly

Sudah mempunyai pengalaman kurang lebih dari 15 tahun sebagi konsultan dan pengembang sistem informasi akademik di berbagai kampus,  mengetahui work flow sistem kemahasiswan di kampus. SIAKAD didesain dengan tampilan dan menu-menu yang mudah dioperasikan dengan tidak menghilangkan informasi penting yang ingin disampaikan.

    Kompatibel dengan laporan DIKTI

SIAKAD dapat mengakomodir kebutuhan pembuatan laporan Feeder DIKTI dari DIKTI. Sehingga laporan ke DIKTI dapat dilaksanakan dengan cepat dan akurat. Sudah Terbukti dan Terjamin keakuratanya.

Kompatibel dengan laporan DIKTI (Support export data akademik mahasiswa dalam bentuk Excel, Support import data akademik mahasiswa dalam bentuk Excel, Mengintegrasikan jumlah data yang banyak dalam waktu singkat, Pelaporan PDDIKTI setiap semester).

    Menekan Biaya Operasional

SIAKAD terbukti efektif memangkas biaya operasional pengelolaan data akademik terutama dalam hal efektifitas kerja dan biaya untuk alat tulis kantor (ATK). Tentu dengan adanya sistem ini, akan mengurangi penggunaan kertas di berbagai kampus. Tentu ini sangat bagus dan menekan biaya oprasional dan juga membantu menjaga penebangan pohon untuk keperluan pembuatan kertas.

    Sesuai dengan kebutuhan Perguruan Tinggi

SIAKAD dirancang untuk mengakomodasi kebutuhan sistem akademik pada Perguruan Tinggi seperti sistem pengambilan mata kuliah, format transkrip nilai, pengelolaan data mahasiswa dan dosen, pengelolaan program studi dan lain-lain.

    Berbasis Web/Jaringan

SIAKAD dapat digunakan dalam sebuah jaringan lokal (LAN) maupun internet sehingga memudahkan koordinasi dan efektif kerja.

    Saling Terintegrasi

Karena saling terintegrasi, tentu tidak ada pengulangan atau duplikat data yang ada dalam sistem sehingga sharing antar data sistem menjadi cepat dan akurat. Artinya data dalam satu database maka kegiatan pengolahan, dan perputaran informasi akan lebih cepat.

    Fitur Paling Lengkap

Disamping kostumisasi modul, SIAKAD juga mempunyai fitur yang lengkap, seperti:

  1.     Manajemen Data Program Studi
  2.     Manajemen Data Kurikulum
  3.     Manajemen Data Pembayaran dan Tagihan
  4.     Manajemen Data Semester
  5.     Manajemen Ruang Kelas
  6.     Manajemen Data Penjadwalan Perkuliahan, UTS dan UAS
  7.     Monitoring Penilaian Dosen
  8.     Manajemen Data Dosen
  9.     Manajemen Data Kemahasiswaan
  10.     Manajemen Data KRS (KRS Online)
  11.     Yudisium
  12.     Portal Mahasiswa (Data Kemahasiswaan)
  13.     Portal Dosen (Data Kepegawaian)
  14.     Terintegrasi Dengan Feeder DIKTI terbaru
  15.     Pembayaran Terintegrasi dengan Bank Mitra


Semoga dengan adanya sistem informasi akademik (SIAKAD) terintegrasi ini dapat memudahkan kampus anda dalam memperbaiki pelayanan dan proses pembelajaran yang ada dikampus, serta memangkas semua pekerjaan yang memakan banyak waktu, sehingga manjemen bisa fokus untuk peningkatan mutu perguruan tinggi.