Jumat, 11 Januari 2019 21:03:35 WIB

4 Fungsi Utama Sistem Informasi Akademik (SIAKAD)

11 Januari 2019 Aditya Eka Prasetyo Sistem Informasi 1489 Kali

Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) sudah menjadi aplikasi wajib bagi perguruan tinggi saat ini. Perguruan tinggi dengan kegiatan akademik yang begitu komplek tentu membutuhkan sistem yang dapat membantu memudahkan manajemen dan civitas kampus dalam mengelolanya.

Dengan adanya Sistem Informasi Akademik Pengelolaan Informasi Akademik (SIA,SIAKAD,SISFO,) bisa mencakup seluruh kegiatan akademik di kampus mulai dari proses penerimaan mahasiswa baru (PMB), pembuatan kurikulum, KRS (pengisian kartu rencana studi) sampai ke pembuatan jadwal kuliah dan masih banyak lagi fungsi yang akan mempermudah pengelolaan kegiatan kampus.

Berikut beberapa fungsi dari Siakad :

1. Integrasi Data

Dengan integrasi data Siakad akan mengelola secara terintegrasi seluruh data sehingga data tersebut akan selalu diperbaharui atau selalu uptodate serta selalu realtime saat digunakan. Dengan Siakad tidak ada yang namanya duplikasi data karena Siakad menggunakan sistem basis data secara terpusat.

2. Pusat Informasi

Dengan adanya Siakad kita bisa dengan mudah mengetahui apa yang terjadi dikampus dalam waktu cepat. Siakad menggunakan sistem respon secara otomatis seperti penjadwalan kelas dan lain-lain.

3. Rekam Kegiatan Kampus

Siakad akan memberikan layanan kepada pengguna dengan selalu mematau seluruh kegiatan dan perkembangan kampus mulai dari PMB, KRS sampai proses penilain sehingga seluruh kegiatan akan dapat diselesaikan secara efisien dan efektif.

4. Media Komunitas Pengguna

Dengan menggunakan fitur dari Siakad akan mempermudah seluruh civitas kampus dalam memberi dan menerima informasi mulai dari admin, staff, mahasiswa, dosen, dan pimpinan akan lebih leluasa dalam melakukan komunikasi.

 

Baca Juga Artikel Solusi Informatika Lainya :