Rabu, 15 Mei 2019 15:23:51 WIB

7 Cara Sederhana Untuk Bekerja Lebih Cerdas Dan Menjadi Lebih Efektif

15 Mei 2019 Arisal Yanuarafi Tips & Trik 150 Kali

Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang lebih baik dalam pekerjaan dan kehidupan Anda, Anda dapat mencoba untuk bekerja lebih keras atau bekerja lebih lama. Anda dapat mendorong diri Anda untuk melakukan lebih banyak, bekerja lembur dan melewatkan beberapa hal menyenangkan untuk menyelesaikan lebih banyak hal.

Namun, dalam jangka panjang, itu akan membuat Anda lebih banyak mengalami kerusakan karena kesehatan, hubungan, dan kebahagiaan Anda menderita karenanya. Stres dan kewalahan dengan cepat muncul ketika Anda bekerja 60 hingga 80 jam seminggu.

Dan, pada kenyataannya, ada cara yang jauh lebih efektif untuk menyelesaikan lebih banyak dan mencapai hasil yang lebih baik tanpa harus bekerja lebih lama. Dalam pengalaman saya, sama sekali tidak perlu bekerja lebih keras dan lebih lama jika Anda tahu cara bekerja lebih pintar.

    "Beri aku enam jam untuk menebang pohon dan aku akan menghabiskan empat pertama mengasah kapak."

    - Abraham Lincoln


Secara pribadi, saya telah melihat peningkatan terbesar dalam produktivitas saya (dan akhirnya, penghasilan saya) dengan berfokus pada bekerja lebih pintar daripada berusaha bekerja lebih keras dan lebih keras.

Itulah sebabnya, dalam artikel ini, saya ingin membagikan 7 Productivity Hack paling efektif saya yang akan membantu Anda mendapatkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat dengan bekerja secara cerdas. Teknik produktivitas yang akan membantu Anda “mempertajam kapak” seperti yang dikatakan Abraham Lincoln dengan cerdik.


Productivity Hack # 1: Lebih SeringMerefleksikan

Kapan terakhir kali Anda melihat dari atas ke bawah tujuan, bisnis, proyek, atau tantangan Anda?
Dan…
Kapan Anda melangkah mundur untuk melihat hal utama Anda dari sudut pandang yang berbeda?

Kadang-kadang, menjauh dari hal utama Anda selama beberapa jam (atau berhari-hari) mungkin jauh lebih produktif daripada sekadar membabi buta dengan kepala tertancap di pasir. Anda mungkin saja menemukan ide-ide baru, terobosan atau perspektif yang dapat menyelamatkan Anda dari hari, minggu, atau bahkan berbulan-bulan dari kerja keras.

Ingat, tidak masalah seberapa keras Anda bekerja jika Anda mengerjakan hal-hal yang salah. Itulah mengapa lebih baik memulai istirahat sekarang dan kemudian mundur, merenung dan memprioritaskan sehingga Anda dapat mengeksekusi dengan cara yang sangat fokus dan produktif.


Productivity Hack # 2: Makanlah “Sayuran” Anda Pertama

Ketika saya masih kecil (oke, saya akui, saya masih melakukan ini kadang-kadang) Saya dulu selalu enggan makan sayuran saya terlebih dahulu sehingga saya bisa menikmati makanan yang lebih lezat seperti daging, ikan atau kentang lebih setelah itu.

Saat ini, saya menggunakan prinsip yang sama ini dalam pekerjaan saya. Saya memulai hari dengan tugas saya yang paling menantang dan paling intensif sehingga saya bisa menghindarinya. Biasanya, tugas ini juga merupakan tugas yang paling penting untuk hari itu. Seringkali merupakan tugas yang paling berharga untuk bisnis atau tujuan saya - dan memiliki potensi kenaikan terbesar jika saya menyelesaikannya, dan potensi penurunan terbesar jika saya tidak menyelesaikannya.

Menangani tugas ini pertama kali di pagi hari membuat sisa hari terasa seperti angin. Selain itu, saya tidak lagi menunda-nunda tugas-tugas saya yang paling berharga karena saya harus melakukan hal pertama di pagi hari.

Selain itu, dengan secara konsisten “makan sayur Anda terlebih dahulu”, Anda akan mencegah diri Anda jatuh ke dalam perangkap prokrastinasi yang produktif (di mana Anda mengisi seluruh hari Anda dengan tugas-tugas yang bernilai lebih rendah dan kemudian menunda-nunda tugas yang paling berharga / penting).


Productivity Hack # 3: Tetapkan Tujuan & Niat Harian

Salah satu alasan utama mengapa begitu banyak orang tidak fokus dan berjuang untuk menjadi produktif adalah karena mereka tidak tahu persis apa yang harus dilakukan sekarang, hari ini. Mereka mungkin tahu bahwa mereka ingin mendapatkan lebih banyak uang, menurunkan berat badan atau membangun bisnis, tetapi itu semua adalah tujuan di masa depan. Tapi bagaimana dengan sekarang? Bagaimana kalau hari ini? Terlepas dari tujuan jangka panjang Anda, penundaan akan muncul saat Anda tidak tahu persis apa yang seharusnya Anda lakukan hari ini.

Jika Anda tidak memiliki kejelasan tentang apa yang seharusnya Anda lakukan hari ini, pikiran Anda akan mulai membuat rencana lain. Rencana yang lebih mudah, rencana yang kurang penting, rencana yang mungkin menyenangkan dan bermanfaat dalam jangka pendek, tetapi tidak dalam jangka panjang. Dengan kata lain, Anda akan menunda-nunda, kehilangan fokus pada tujuan utama Anda dan menerima pukulan di tingkat produktivitas Anda.

Karena itu, selalu tetapkan 1–5 sasaran harian dan tuliskan dalam perencana produktivitas atau jurnal. Pastikan Anda menciptakan kejelasan mengetahui dengan tepat apa yang seharusnya Anda lakukan hari ini. Buat tujuan Anda sangat tepat dan spesifik sehingga Anda tahu persis apa yang harus dilakukan. Memberikan struktur ini pada hari Anda akan membantu Anda bekerja dengan lebih banyak fokus dan tekad.


Productivity Hack # 4: Hindari Multitasking

Menurut penelitian, setelah kita terganggu atau mencoba untuk beralih dari tugas ke tugas, dibutuhkan rata-rata 25 (!) Menit untuk mendapatkan kembali fokus penuh kita pada tugas kita. Ini adalah fenomena yang disebut “residu perhatian”, yang menyiratkan bahwa beberapa perhatian Anda “tertinggal” pada tugas sebelumnya (atau gangguan) yang sedang ditangani otak Anda. Otak Anda tidak dapat hanya bergeser dari satu tugas ke tugas lain secara efektif, karena kemampuannya untuk fokus telah berkurang.

Lebih jauh lagi, mengalihkan perhatian Anda bolak-balik antara tugas dan gangguan menghabiskan energi dari otak - karena menggunakan glukosa - membuat kita merasa lelah, kurang termotivasi dan kurang produktif. Inilah sebabnya mengapa begitu banyak orang benar-benar kelelahan karena pekerjaan seharian, meskipun secara fisik tidak terlalu menuntut.

Karena itu, hindari multitasking dan sebaliknya fokus pada satu tugas dengan perhatian penuh Anda. Dengan cara ini Anda memiliki lebih banyak energi dan fokus yang tersisa untuk benar-benar menghancurkannya.


Productivity Hack # 5: Gunakan Hukum Parkinson

Pada dasarnya, Hukum Parkinson menyatakan bahwa “pekerjaan meluas untuk mengisi waktu yang tersedia untuk penyelesaiannya” yang berarti bahwa jika Anda memberi diri Anda sehari untuk menyelesaikan tugas dua jam, maka (secara psikologis) tugas tersebut akan meningkat dalam kompleksitas dan menjadi lebih menakutkan . Faktanya, kita akan mengambil seluruh hari untuk menyelesaikan tugas yang relatif kecil ini.

Waktu tambahan bahkan mungkin tidak diisi dengan lebih banyak pekerjaan untuk benar-benar meningkatkan kualitas output. Seringkali, waktu tambahan hanya diisi dengan lebih banyak stres, ketegangan dan khawatir tentang cara menyelesaikannya. Seringkali, kita mengisi banyak waktu menunda-nunda dan membuang waktu berjam-jam.

Dengan menetapkan jumlah waktu yang tepat untuk suatu tugas, kami memperoleh lebih banyak waktu dan tugas akan berkurang dalam kompleksitas. Dengan kata lain, kita perlu membuat tenggat waktu kita lebih pendek. Hampir selalu kita menemukan cara untuk menyelesaikan tugas dalam tenggat waktu yang kita tentukan sendiri. Saat berada di bawah (jenis yang tepat) tekanan, kami mampu melakukan hal-hal menakjubkan. Tiba-tiba kita berubah menjadi mesin produktivitas yang kreatif.

Karena tekanan ini, Anda memaksakan diri Anda untuk fokus pada elemen-elemen tugas yang sebenarnya paling penting, alih-alih memilih detail dan dengan demikian menghabiskan waktu yang berharga.

Sebagai contoh, saya bertujuan untuk menulis posting blog saya dalam waktu dua jam. Ketika pun saya tidak menetapkan batas waktu ini, saya membuang lebih banyak waktu untuk detail yang tidak penting dan menulis ulang sebagian besar kalimat lebih dari yang diperlukan. Bahkan, artikel-artikel yang saya tulis di bawah tekanan waktu sering mendapatkan lebih banyak pandangan dan tepuk tangan daripada artikel-artikel yang membuat saya sepanjang hari untuk menulis.


Productivity Hack # 6: Terus Melakukan Analisis 80/20 terhadap Pekerjaan dan Kehidupan Anda

Menurut aturan 80/20, hanya sekitar 20% dari aktivitas Anda yang harus menjadi prioritas Anda. Aktivitas ini akan menjelaskan sebagian besar hasil (sekitar 80%) dalam hidup atau bisnis Anda. Mereka sangat penting untuk mencapai hasil yang Anda inginkan. Anda harus meluangkan lebih banyak waktu, tenaga, dan energi untuk kegiatan-kegiatan yang sangat penting itu.

Ini juga berarti bahwa sekitar 80% dari aktivitas Anda hanya menyumbang 20% dari hasil Anda. Dengan kata lain, mereka tidak penting. Namun, mereka mengambil porsi terbesar dari waktu, tenaga, dan energi Anda. Anda harus memutuskan untuk menghabiskan lebih sedikit waktu, tenaga dan energi untuk kegiatan ini.

    ”Tidak ada yang sia-sia daripada melakukan secara efisien apa yang seharusnya tidak dilakukan sama sekali.”

– Peter Drucker

Pada dasarnya, aturan 80/20 adalah tentang mengidentifikasi hal-hal yang benar-benar penting bagi kehidupan atau bisnis Anda. Biasanya, hanya ada beberapa hal yang penting untuk kebahagiaan Anda, kesuksesan bisnis, kesehatan atau kekayaan Anda. Hanya beberapa hal yang berkontribusi signifikan terhadap hasil yang Anda inginkan. Tuliskan tugas-tugas ini pada daftar dan lihat daftar ini setiap hari.

Meskipun yang lain pasti bagus dan masih menambah nilai bagi kehidupan atau bisnis Anda, itu tidak penting. Itu tidak akan menggerakkan jarum sebanyak itu - tidak seperti beberapa hal yang penting. Bersikaplah kejam tentang pendelegasian atau menghilangkan tugas-tugas yang kurang penting sehingga Anda memiliki lebih banyak sumber daya yang tersedia untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Misalnya, dengan melakukan analisis 80/20 sendiri, saya sampai pada kesimpulan bahwa saya harus fokus terutama pada 3 tugas utama:

  1. Membuat konten berkualitas tinggi dan berharga yang memengaruhi kehidupan orang (alias, menulis di Media)
  2. Buat urutan pemasaran email yang kuat, sangat bernilai, sehingga orang dapat melihat lebih banyak konten dan produk saya
  3. Buat produk (kursus dan e-book) yang membuat orang menanjak dari segi nilai

Melakukan analisis ini memiliki dampak kuat pada tingkat produktivitas saya dan telah membantu saya meningkatkan laba bulanan dengan cepat sekitar 50%. Saya melihat 3 tugas ini setiap hari dan saya memastikan bahwa setidaknya satu dari tugas tersebut dimasukkan dalam daftar tugas harian saya (dan tentu saja, saya menangani mereka hal pertama di pagi hari, Anda harus makan sayuran Anda terlebih dahulu! ).

Saya tidak lagi membuang-buang waktu dan tenaga untuk “kesibukan”. Sebaliknya, saya dapat membuat kemajuan yang konsisten pada tugas-tugas dan proyek-proyek yang benar-benar penting bagi saya dan bisnis saya.

Productivity Hack # 7: Produktif Batch

Bayangkan betapa gilanya jika Anda mencuci pakaian setiap kali Anda memiliki kaus kaki kotor atau kaos kotor daripada melakukannya sekali setiap beberapa hari ketika Anda memiliki keranjang cucian penuh ..

Lebih masuk akal untuk mengumpulkan cucian kotor selama beberapa hari dan kemudian “menghasilkan banyak” cucian Anda semuanya sekaligus, bukan?

Namun, ketika datang ke pekerjaan kita, kita sering (secara metaforis) mencuci pakaian kita beberapa kali sehari tanpa batch memproduksinya. Sebaliknya, bertujuan untuk batch menghasilkan tugas-tugas rutin tertentu atau nilai lebih rendah sebanyak mungkin sehingga tidak akan mengganggu aliran Anda beberapa kali per hari (atau minggu). Anda sekarang dapat melakukan semua tugas ini dalam satu sesi yang efisien alih-alih 15 kali sepanjang hari, yang akan menyita waktu dan fokus untuk tugas-tugas Anda yang paling penting.

Misalnya, alih-alih memeriksa kotak masuk email Anda setiap beberapa menit, jadwalkan satu (atau lebih) momen tetap dengan jumlah menit x setiap hari di mana Anda akan menjawab banyak email dalam sekali duduk. Dengan cara ini, Anda melindungi fokus Anda untuk tugas-tugas yang lebih penting.

Tugas umum lainnya yang dapat diproduksi secara sekaligus dalam satu sesi adalah panggilan telepon, menanggapi komentar di blog Anda, komunikasi lainnya, memeriksa statistik bisnis, posting media sosial, dan pemeliharaan situs web.

Sekarang Lakukan

Perubahan hanya terjadi ketika Anda mengambil tindakan. Oleh karena itu, saya sangat menyarankan Anda untuk memilih setidaknya 3 teknik produktivitas ini sehingga Anda bisa mendapatkan hasil yang lebih baik dalam waktu yang lebih singkat dengan bekerja lebih cerdas daripada bekerja lebih keras.

 

Jari Roomer

 

sumber: medium.com/personal-growth-lab/7-simple-ways-to-work-smarter-and-become-more-effective-788f05469470